Fungsi NOT | Cara Menggunakan Fungsi NOT pada Excel

 

A. Pengertian Fungsi NOT pada Excel

Fungsi NOT adalah function yang digunakan untuk membalikkan kondisi TRUE dan FALSE suatu pengujian logika.


  • Jika kondisi pengujian bernilai TRUE, maka hasil fungsi NOT adalah FALSE
  • Jika kondisi pengujian bernilai FALSE, maka hasil dari fungsi NOT adalah TRUE

B. Cara Menggunakan Rumus NOT pada Excel

=NOT(logical)
  • logical dapat berupa nilai kebenaran langsung TRUE atau FALSE
  • logical adalah ekspresi logika yang dapat memuat operasi perbandingan =, <, >, <=,>=, atau <>.
  • logical dapat memuat fungsi logika yang menghasilkan suatu nilai kebenaran TRUE atau FALSE, misalnya rumus IF.

1. Rumus NOT dengan Nilai Kebenaran Langsung

=NOT(TRUE)

Cara menggunakan Fungsi NOT TRUE

Fungsi ini menghasilkan nilai FALSE.

=NOT(FALSE)

Cara menggunakan Fungsi NOT FALSE

Fungsi ini menghasilkan nilai TRUE.

2. Rumus NOT dengan Pengujian Aritmatika

Pengujian aritmatika harus memuat salah satu pengujian berikut,


Contoh:

=NOT(2+6=8)

Cara menggunakan Fungsi NOT dengan operasi aritmatika

Penjelasan: Kita ketahui sudah pasti 2 + 6 = 8, mempunyai nilai kebenaran TRUE. Namun karena digunakan pada fungsi NOT, nilai kebenarannya menjadi FALSE. 

3. Rumus NOT dengan Fungsi Logika OR dan AND

Rumus NOT dapat memuat fungsi logika dengan sistematika

=NOT(AND(logical1, [logical2], …))
=NOT(OR(logical1, [logical2], …))

4. Rumus NOT pada Fungsi Logika IF

Rumus NOT dapat digunakan pada fungsi logika IF dengan sistematika

=IF(NOT(logical_test), [value_if_true], [value_if_false])

Nilai kebenaran pengujian logika akan dibalikkan oleh fungsi NOT.